Tips Membeli Rumah KPR : Strategi Mudah Atasi Uang Muka KPR
Tips Membeli Rumah KPR : Strategi Mudah Atasi Uang Muka KPR

Dengan adanya sistem KPR (Kredit Pemilikan Rumah), membeli rumah semakin mudah. KPR merupakan fasilitas pinjaman dari Bank kepada perorangan untuk membeli rumah.

Skema KPR dapat mewujudkan keinginan membeli rumah dengan harga berapapun. Tentunya harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan juga kemampuan finansial masing masing. 

Membeli rumah dengan KPR perlu persiapan berupa DP atau uang muka. Perihal DP atau uang muka KPR ini sesungguhnya bergantung aturan pemerintah yang berlaku, serta kesepakatan antara nasabah dengan developer. 

Namun umumnya developer menetapkan uang muka dalam kisaran tertentu bagi konsumen. Dengan begitu, uang muka untuk pembelian rumah itu bisa 10%, 20%, atau persentase lainnya. Jadi Anda dapat memilih untuk DP atau uang muka untuk membeli rumah KPR rendah atau tinggi.

Akan tetapi, sekalipun uang muka KPR kini lebih rendah, namun terkadang ada yang kesulitan untuk bisa mengumpulkan dana dalam jumlah tersebut. Untuk itu, berikut ini sejumlah strategi yang bisa Anda coba:

1. Cicil DP 

Ada sejumlah developer properti yang memberikan keleluasaan kepada nasabah untuk membayarkan uang muka dengan cara mencicil dalam jangka waktu tertentu, misalnya 6 bulan atau 1 tahun. Anda dapat mencari developer yang bersedia melakukan hal tersebut. Sesuai aturan uang muka 5%, Anda dapat mencoba mencicil besaran DP tersebut.

Sebagai contoh, misalnya Anda membeli rumah dengan harga Rp200 juta, jika besaran DP adalah 5%, maka besarnya adalah Rp 10.000.000. Nah, Anda bisa coba berkomunikasi dengan pengembang mengenai jangka waktu pelunasan DP tersebut. 

Selama proses mencicil uang muka tersebut, Anda belum bisa berhubungan dengan bank. Barulah setelah uang muka lunas dibayarkan, Anda bisa mengajukan kredit KPR ke bank.

2.  Pinjam

Anda bisa coba mencari pinjaman untuk melakukan pembayaran DP tersebut. Mungkin ke orang tua, kerabat, saudara, atau teman. Ini merupakan solusi cepat untuk bisa mendapatkan uang muka yang dibutuhkan.

Namun jika misalnya tidak bisa memperoleh dana dari orang-orang terdekat, Anda bisa coba juga untuk melakukan pinjaman ke lembaga keuangan. Namun tentu Anda harus pandai behting dan pastikan bahwa Anda sanggup untuk melunasi uang pinjaman tersebut.

3. Jual Aset 

Jika misalnya ada aset yang bisa dijual, Anda bisa pertimbangkan untuk menjualnya. Misalnya sepeda motor, emas, atau benda berharga lainnya. Dengan cara tersebut, Anda bisa segera mendapatkan uang muka yang diperlukan. 

Bagaimanapun memiliki rumah merupakan keinginan semua orang. Butuh perjuangan memang untuk mewujudkannya. Yakinlah bahwa uang muka tersebut bisa Anda sediakan.